Slide Show

Jumat, 10 Desember 2010

Tongkonan (Rumah Adat Suku Toraja)

Sudah pernah mendengar mengenai Tongkonan? Tongkonan adalah rumah adat suku Toraja,salah satu suku yang ada di Sulawesi Selatan. Di tempat inilah masalah-masalah yang berhubungan dengan adat dibicarakan oleh para kaum bangsawan Toraja. Tetapi yang membuat "rumah" ini istimewa adalah bentuk atapnya yang mirip dengan perahu terbalik dan menurut legenda atap itu memang perahu terbalik! Konon kedatangan mereka dari lautan utara disebabkan karena kapal mereka rusak setelah terkena badai lautan, mereka terdampar dan akhirnya membangun rumah dengan atap yang berasal dari kapal yang rusak itu. Unik ya... Nah,coba deh perhatikan gambar Tongkonan,sangat berciri khas,penuh dengan ukiran kayu yang sarat dengan makna.











Uniknya Tongkonan memberi kami inspirasi untuk membuat motif Tongkonan diatas selembar kain batik sutera ATBM KCS yang dirancang untuk pembuatan kemeja pria dan sarimbit. Masing-masing modifikasi motif ini hanya ada satu lembar (untuk kemeja pria) dan satu set (untuk sarimbit), tidak mempunyai kembaran motif yang sama dan tentunya dengan proses batik tulis.
Ayo,kami tunggu pesanannya, diskon 10% khusus untuk batik sutera ini hanya berlaku sampai akhir Desember 2010...dijamin Anda tidak akan menyesal dengan kualitas kain batik kami!

1 komentar:

Vannesa Poppy D mengatakan...

kurang banyak isinya.

Posting Komentar

 

Gallery Batik Sulsel © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates